Featured post

Cerita Tentang Risoles

  Risoles , atau hanya  risol  saja ( bahasa Inggris :  rissole ), adalah  pastri  berisi  daging , biasanya  daging cincang , dan  sayuran ...

Friday 26 August 2016

Cara Hidup Sehat dengan Mengkonsumsi Sayuran

sayuran segar

isian risoles enak, sehat, higienis
Selalu mupeng setiap kali melihat sayuran segar (baik langsung atau walaupun cuma gambar). Bawaannya ingin langsung melahap sampai habis... hehehe (eh, tapi sekarang udah cukup umur, jadi harus inget berbagi dgn yang lain ya?). hahaha kesadaran yang telat

Dan kegemaran saya terhadap sayur terus saya bawa ke bisnis yang saya tekuni sekarang. Isian Agung Risoles disetiap variannya (kec. yang rasa manis) dimodifikasi dengan isian original (kentang, wortel, bwg daun, bwg bombay), sayuran segar yang dibeli di pasar tradisional Lembang, Ciledug - Tangerang Selatan atau abang sayur langganan di dekat rumah. Dan diolah secara halal serta higienis.

Artikel yang bagus dari situs sehatsekali.com, gambarnya pun OK banget. Sekali lagi, saya selalu terobsesi untuk membabat habis sayur2an segar. Sejak kecil saya rutin mengkonsumsi sayur, efeknya terasa hingga saat ini. Badan lebih fit dan hampir tidak pernah sakit (dgn izin Allah). Serasa ada sesuatu yg hilang bila sehari tidak makan sayur.

Berikut intisari yang bisa diambil dari tulisan mba Ishna_fatkhi... insyaAllah jadi ladang amal jariyah ya mba...

Smart parents, dibaca sampai tuntas ya... biar tambah cerdas!

Kandungan yang terdapat pada sayur sangatlah bermacam-macam dan sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Maka dari itu, sayuran sangat dianjurkan untuk di konsumsi sebagai cara hidup sahat yang efektif dan terbukti hasilnya. Dan sangat perlu sekali untuk mengetahui kandungan apa saja yang terkandung dalam sayuran. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat pada sayuran yang dapat membantu anda dalam hidup sehat.

1. Memiliki kandungan oksidan yang tinggi
Sama halnya yang terdapat pada buah mengkudu yang memiliki banyak manfaat, sayuran juga memiliki antioksidan yang tinggi. Yang mempunyai antioksidan tinggi adalah sayuran yang memiliki warna hijau yang masih segar, seperti sawi, bayam, kangkung dan macam-macamnya. Antioksidan ini sangat penting dalam menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit, selain itu dapat menyingkirkan oksidan yang berbahaya bagi tubuh dan dapat mengurangi resiko kanker. Jadi mengonsumsi sayur sangat penting untuk cara hidup sehat yang alami.

2. Mempunyai gizi tinggi dan rendah lemak
Hampir pada semua jenis sayuran memiliki gizi yang tinggi dan rendah lemak, karena lemak tertinggi di dapatkan dari hewani seperti daging. Pada sayuran hijau dan orange misalnya yang mengandung banyak senyawa yang dapat membantu cara hidup sehat anda, seperti zat besi, kalsium, magnesium dan beberapa vitamin.

3. Mengandung Sumber serat yang cukup
Cara hidup sehat dengan sayur sangat cocok sekali, karena sayur mengandung serat yang sangat berguna untuk tubuh. Serat tersebut dapat membantu mempertahankan kelembapan pada kotoran, menyerap kelebihan air pada usus besar dan dapat membantu pengeluaran fases dari tubuh. Jadi manfaat mengonsumsi sayur dapat menjaga dan memberi perlindungan dari kanker usus besar, wasir, fisura dan sembelit kronis.

4. Mengandung Berbagai macam Vitamin
Vitamin A, B, C dan K serta mineral yang terkandung didalam sayuran dapat membuat tubuh sehat dan awet muda. Kandungan vitamin tersebut dapat diperoleh dari sayuran yang berwarna cerah seperti hijau, orange, merah dan kuning. Dengan sayuran tersebut dapat menjadikan sirkulasi darah menjadi lancar dan memperkuat sel-sel yang berada di dalam tubuh. Maka menyebabkan kulit anda menjadi bersih, gigi kuat, mata bersinar cerah dan rambut kinclong. Jadi anda akan kelihatan awet muda beberapa tahun.

Itulah sedikit ulasan tentang kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayuran. Sebelum Anda mengonsumsi sayuran, sangat perlu sekali mengetahui cara pemasakannya agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Cara memasaknya sangat mudah sekali, jika anda ingin mengukusnya tambahkan sedikit garam dan merica agar tidak hambar dan kukus selama 5-10 menit. Jika anda menumisnya, tumislah jangan terlalu lama sekitar 3-4 menit dan tutup selama 2 menit, ini akan membuat sayur tidak layu dan tampak segar juga renyah saat dimakan. Dan yang terakhir adalah merebusnya, rebuslah sekitar 2-3 menit dan memasukkan sayurnya saat air rebusan sudah panas. Juga jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu sayur yang akan di masak. Sangat mudah bukan cara hidup sehat dengan makan sayur, itulah ulasannya tentang sayur dan semoga bermanfaat untuk anda.
ShareThis Cop

3 comments:

  1. Keren... Selain enak Agung Risoles juga sehat ya

    ReplyDelete
  2. Ini anak agung, komen2 ajaa...
    Hehehe... Anak gw

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete